Menu

Sejarah Bahasa C dan C++

Buat para progammer dan calon programmer pasti harus tau ini, ya bahasa C++ yang berjalan di Sistem Operasi Windows dan sering digunakan developer2 dunia, karena salah satunya adalah bahasa yang digunakan mudah dipahami manusia(bukan bahasa mesin).
C-plus-plus

Sejarah Singkat Bahasa C
Kita awali dari bahasa pemrograman C yang dikembangkan di Bell lab. Omong2 Bell Lab kok namanya kayak perusahaan hardware yak. EH, itu Dell -_-

Pada tahun 1970-an telah dikembangkan dan diturunkan dari bahasa sebelumnya yaitu bahasa B, bahasa dari turunan bahasa BCL. Awalnya sih bahasa tersebut untuk OS Unix. Pada jaman perkembangannya sih bahasa C menjadi bahasa yang paling populer. Tapi jaman sekarang udah gak laku karena udah ada versi paling baru yaitu bahasa C++.

Sejarah Bahasa C++
Bjarne Stroustrup pada Bell Labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah(low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan  overloading. Sifat-sifat tersebut ada penjelasannya di blog ini.

Dari sejarah singkat di atas, menjelaskan bahwa bahasa C dikembangkan pada tahun 1970an dan bahasa C++ 1980an. Lalu apa perbedaan dari kedua bahasa tersebut?

Kedua bahasa tersebut sih sintaksnya sama saja, namun perbedaannya adalah dalam bahasa C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian atas suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut ke sub-bagian masalah yang lebih kecil. Sedangkan bahasa C++ bersifat Object Oriented Programming(OOP). Untuk menyelesaikan masalah, dalam C++ melakukan langkah pertama dengan medefinisikan class-class yang merupakan class-class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari objek-objek fisik. Class tersebut berisi keadaan objek, anggota-anggotanya, dan kemampuan dari objeknya. Setelah beberapa class dibuat, masalah dipecahkan menggunakan class.

Contoh:
#include <iostream.h>
void main() {
cout<<"Ini adalah tulisan";
}

Keterangan
#include
Sebagai bagian dari proses compile, compiler dari C++ menjalankan program yang dinamakan preprosesor. Preprosesor memiliki kemampuan menambahkan dan menghapus kode dari file sumber. Dalam directive #include ada banyak fungsi kode sesuai dengan deklarasi yang bisa digunakan atau yang akan digunakan. Ada fungsi untuk perhitungan kalkulator, ada fungsi IF dan lainnya.

void main()
Mendeklarasikan fungsi utama, karena suatu program C++ dapat berisi banyak fungsi, tetapi harus selalu memiliki sebuah fungsi utama(main function). Kata “void” berarti fungsi utama tidak bertipe. Tipe-tipe fungsi utama ada penjelasannya di blog ini.

cout<<“…”;
cout(baca: si out) adalah untuk menampilkan suatu string dalam output standar. Jika berupa teks maka diawali dengan tanda kutip dua ( ” ). cout adalah sebuah objek dari library bahasa C++. Setelah deklarasi fungsi utama selalu dibuka dengan tanda kurung kurawal {}

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke Situs Teknologi. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.

ATecMind – www.atecmind.com