Menu

Apa itu HTML: Pengertian HTML

HTML 5Pengertian HTML secara sederhana yaitu sebuah bahasa Markup yang bisa dipahami oleh segala platform karena format mereka adalah ASCII dan mereka berjalan di Web Browser yang semua perangkat memilikinya.

Pengertian HTML lebih lengkap akan saya jelaskan secara rinci dan berserta informasi sejarah dari HTML tersebut. Juga struktur sederhana dari bentuk HTML sendiri.

Berikut penjelasannya.

Pengertian HTML

HTML merupakan kepanjangan dari Hyper Text Markup Language atau secara jelasnya merupakan sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari Smartphone dan program lain yang memiliki kemampuan browser.

Sejarah HTML

HTML, sebelum muncul sudah dahulu ada Markup Language bernama GML yaitu Generalized Markup Language yang dibuat oleh IBM di tahun 1980. Hingga tahun berikutnya di tahun 1986 ISO menerbitkan standar pembuatan dokumen yang terinspirasi dari buatan IBM. Mereka memberikannya nama SGML yaitu Standard Generalized Markup Language. Namun ISO tidak menyadari bahwa subset atau pengembangan SGML dari mereka yaitu HTML di masa depan akan sangat berguna dalam jelajah internet.

HTML ditulis dalam format berkas ASCII yang berarti formatnya dapat dibaca oleh semua perangkat yang menjadikannya multi platform. HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk perusahaan CERN dan dipopulerkan pertamakali melalui Web Browser bernama Mosaic. HTML muncul di awal tahun 1990.

Perkembangan HTML sendiri berjalan sangat pesat, pengembangan HTML pun berkembang dengan baik karena selalu ada penambahan fasilitas dan fitur yang dapat ditampilkan hingga November 1995 oleh IETF atau Internet Engineering Task Force mengembangankan versi HTML terbaru secara resmi, mereka menghasilkan HTML 3.0 yang merupakan penyempurnaan dari HTML+ di tahun 1993.

Perkembangan yang pesat dari HTML membuat waktu pengembangan selisihnya begitu dekat, di tahun 1996 W3C sudah menghasilkan kembangan baru dari HTML dengan versi HTML 3.2 dan baru diterbitkan di tahun 1997. Lalu di Desember tahun 1997 muncul HTML 4.0 namun tidak berselang lama, HTML 4.01 muncul dengan perbaikan dari versi HTML 4.0 di tahun 1998 bulan April.

HTML 5 adalah revisi dari HTML 4, dan merupakan hasil dari pengembangan antara HTML 4.01 dan XHTML 1.1 yang selama ini mereka terpisah dan implementasinya berbeda-beda. Saat ini HTML 5 menjadi patokan untuk semua situs-situs modern yang terbarukan. Karena di HTML 5 ini fungsi dan fitur lebih lengkap dan mudah. Beberapa fitur baru HTML antara lain adalah:

  • Unsur kanvas untuk menggambar.
  • Video dan elemen audio untuk media pemutaran.
  • Dukungan yang lebih baik untuk penyimpanan secara offline.
  • Elemen konten yang lebih spesifik, seperti artikel, footer, header,
    navigation, section.
  • Bentuk kontrol form seperti kalender, tanggal, waktu, e-mail, URL, search.

Juga kemudahan dalam HTML 5 yang dimana versi-versi sebelumnya belum ada, mereka menjanjikan beberapa kelebihan seperti:

  • Dapat ditulis dalam sintaks HTML (dengan tipe media text/HTML) danXML.
  • Integrasi yang lebih baik dengan aplikasi situs dan pemrosesannya.
  • Integrasi (‘inline’) dengan doctype yang lebih sederhana.
  • Penulisan kode yang lebih efisien.
  • Konten yang ada di situs lebih mudah terindeks oleh search engine.

Struktur Tag HTML

HTML bukanlah bahasa pemrograman, HTML disebut sebagai bahasa markup, yaitu bahasa dari dokumen HTML biasa saja namun hanya dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu.

TAG tersebut akan berbentuk dengan awalan tanda lebih kecil “<” dan diakhiri dengan tanda lebih besar “>” dan jika TAG tertentu tersebut selesai digunakan pada lingkup tertentu maka diakhiri harus dengan tanda “</…>”

Seperti ini ilustrasinya, jika kita akan menuliskan judul maka tag yang digunakan adalah <title>TULISAN JUDUL</title>
TAG tersebut pada akhirnya akan dibaca oleh browser sebagai bagian title.

Ada beberapa fungsi TAG yang tanpa memerlukan pasangan seperti TAG title tersebut(<title>…</title>).
Cukup melakukan 1 kali tag tanpa pasangan penutup, seperti TAG untuk tombol enter yaitu <br/>(langsung tanpa pasangan) dan TAG <hr/>.

Yang dipelajari dari pertemuan pertama ini pada intinya adalah mengetahui struktur dari dokumen HTML, yaitu sebagai berikut.

Struktur HTML

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke Situs Teknologi. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.

ATecMind – www.atecmind.com