Menu

Perawatan Android Agar Smartphone Tetap Lancar

Cara Mewarat Android, ataupun beberapa tips agar Android Awet dan Hemat. Berikut ulasan tentang tips perawatan smartphone Android.

Android merupakan Sistem Operasi mobile yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Dibesut oleh google di divisi robotik. Android benar-benar menguasai pasar mobile, tidak hanya ponsel yang menggunakan OS Android, ada GPS, Pocket Camera, dll.

android-developer-options-process-statsPonsel Pintar benar-benar seperti komputer, peran Memory dan CPU sangat besar. Kinerja yang didapat juga dari faktor software itu sendiri.
Kita sebagai pengguna harus memahami bagaimana kerja ponsel pintar. Smart Phone Smart User. Sekarang ini apk untuk pelega RAM ataupun optimasi Android sangat banyak, namun hanya beberapa yang benar-benar jujur untuk meningkatkan kinerja ponsel anda, selain itu hanyalah iklan.

Di sini akan saya jelaskan beberapa cara dan tips perawatan android untuk merawat smartphone Android dan android tablet anda dan aplikasi batre android agar awet, versi pengalaman saya.

Daily Use

Hal pertama yang diperhatikan adalah, penggunaan sehari-hari. Ponsel anda gunakan untuk apa saja? Hanya social media ataukah juga bermain game.
Jika hanya untuk social media, setidaknya anda memerlukan ponsel dengan RAM yg cukup besar, karena aplikasi social media di Android cukup memakan kapasitas RAM lama kelamaan. Per aplikasi bisa mencapai 100MB jika benar-benar anda eksi di media social.
Sebagai solusi lain, anda cukup instal aplikasi social di Android yang bergenre Messenger, semacam BBM, LINE, WeChat, KakaoTalk, dll.
Untuk Facebook, twitter, dll. Anda bisa melalui browser saja. Ini sangat mengurangi penggunaan RAM.

Jika anda seorang mobile gamer dan RAM anda terbatas, anda jangan terlalu banyak aplikasi yang membutuhkan background proccess, karena sebuah game membutuhkan prioritas dalam penggunaan RAM. Dan faktor lain adalah GPU hardware ponsel anda, ini sangat penting untuk memainkan game yang memiliki grafis yang tinggi.

Background Proccess

Background Proccess adalah proses komputerisasi sebuah aplikasi atau sistem yang berjalan “di belakang”. Di belakang yang dimaksud adalah walaupun kita tidak menggunakan aplikasi tersebut tapi tetap saja aplikasi tersebut berjalan tanpa sepengetahuan kita. Ini sering terjadi pada aplikasi-aplikasi social media, messenger, perubah tampilan, aplikasi sistem, atau aplikasi yang berhubungan dengan koneksi internet.

Anda dapat mensiasati ini untuk melegakan RAM. Sebagai pelega RAM, menguninstall aplikasi tersebut sangat besar efeknya. Namun sering anda membutuhkan aplikasi tersebut, jadi lebih baik anda install yang benar-benar dibutuhkan. Terkecuali spesifikasi ponsel anda sangat tinggi atau high-end.

Bila anda seorang expert user, anda bisa menghapus beberapa aplikasi sistem yang aman untuk didelete, dapat melalui root explorer. Berhati-hatilah dalam menghapus, anda harus memahami aplikasi sistem yang tidak membuat error untuk Android jika dihapus.

Berikut beberapa apk yang memberatkan versi saya.

  • Facebook
  • BBM
  • Aplikasi Theming
  • Aplikasi Messenger yang banyak aktif bagi anda
  • Go Pro

Aplikasi Pembantu atau Pihak ke 3

android-settingDi sini saya akan memberikan rekomendasi aplikasi pembantu yang baik. Guna apk tsb seperti layaknya perintah untuk melakukan maintenance, membersihkan yang tidak perlu dan mengoptimalkan kapasitas RAM.
Aplikasi yang saya gunakan adalah Clean Master, fitur yang diberikan clean master sangat berguna, seperti Optimasi RAM, Penghapusan Cache, Blocking, dll.
Bisa juga menggunakan Greenify, kerja aplikasi ini untuk freeze beberapa aplikasi yang kurang dibutuhkan saat melakukan sesuatu, dan dapat menjadwal saat yang dibutuhkan untuk kerja yang baik.
Lalu anda bisa juga gunakan SWAP, kerja swap ram adalah menggunakan partisi sd card atau secondary memory sebagai RAM tambahan. Namun hanya beberapa kernel yang support dengan hal ini. Dan SWAP memiliki resiko membuat SD Card kita bad sector, karena melakukan write and delete terlalu sering.
Atau jika anda paham dengan Custom ROM, anda bisa menggunakan ROM MIUI yang fitur pembersihan dan optimasinya sangat bagus, namun anda perlu menghapus beberapa aplikasi tidak penting atau bloatware dari ROM tsb.

Memory Card, Internal Memory, Secondary Memory

Tidak terlalu besar namun akan sangat terasa, penggunaan memory card yang baik akan memberikan efek yang cukup terasa terhadap “loading” Android itu sendiri. SD Card dengan Class 10 akan memiliki read dan write speed yang mampu menunjang kinerja RAM dan Prosesor. Kapasitas maksimal dari hardware juga perlu diperhatikan.

Tambahan: Overclocking

Ini hanya untuk user expert, hanya beberapa Chipset dan Kernel yang memberikan support overclocking. Overclocking membuat kerja ponsel anda lebih baik, namunn cukup berbahaya karena akan mengurangi usia hardware itu sendiri.

Kesimpulannya, untuk ponsel kelas low-end atau mid-end anda perlu benar-benar bisa memilih fungsi tujuan anda menggunakannya. Karena tidak mungkin semua fungsi dijalankan pada ponsel tersebut. Sebaliknya untuk ponsel high-end kemampuan multi-task sudah pasti terjamin dan masalah yang dihadapi mungkin di daya penggunaan baterai yang boros(low-end dan mid-end juga). Penginstalan aplikasi yang asal juga bisa membuat berat kerja ponsel, maka dari itu anda harus tau seperti apa kerja aplikasi tersebut.
Sebagai peringan kinerja, ada apk yang khusus untuk melakukan maintenance yang ibarat seperti menyapu lantai yang kotor agar licin kembali.

Semoga bisa membantu anda dalam merawat kinerja ponsel pintar atau Android anda. Smart Phone Smart User!

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke Situs Teknologi. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.

ATecMind – www.atecmind.com