Menu

Tutorial Memulai Membuat Aplikasi Android Smartphone

Cara membuat aplikasi Android, berikut akan saya jelaskan cara memulai project Android. Sebelum itu anda harus menyiapkan segala alat untuk membuat aplikasi android. Jika semua sudah siap maka sekarang run program eclipse.exe di Windows kalian. Sebenarnya ada banyak software untuk membuat aplikasi Android, namun saya pilih Eclipse karena di sisi kemudahan, sangat cocok untuk pemula seperti saya juga.

Juga Eclipse merupakan tools untuk membuat aplikasi yang cukup ringan, jika di lihat dari fiturnya yang lengkap dan memudahkan developer kelas junior. Sangat disarankan menggunakan Eclipse.

Mungkin saja anda ingin membuat aplikasi untuk smarphone android.

    1. Buka eclipse.exe
    2. Setelah muncul tampilan eclipse, lalu klik menubar new > android application project
      Eclipse-Android
    3. Yang ketiga adalah menentukan project Android. Akan ada beberapa field yang akan diisi.
      Application Name: untuk memberikan nama aplikasi.
      Project Name: untuk memberikan nama aplikasi yang sedang dibuat di eclipse.
      Package Name: untuk menentukan nama package folder instalasi android anda nanti.
      Minimun Required SDK: versi minimal android yg disupport oleh aplikasi anda.
      Target SDK: kemampuan maksimal aplikasi berjalan dengan versi Android paling baru.
      Compile With: versi Android untuk men-compile, biasanya versi terbaru digunakan.
      Theme: tampilan dasar interface aplikasi anda.
      Eclipse-Android-2
    4. Lalu Next, maka anda ke tahap berikutnya. Sebenarnya di tahap ini anda bisa langsung next, namun jika anda perlu mengaturnya maka lebih baik cukup mengatur bagian folder workspace saja.
      Eclipse-Android-3
    5. Next, maka anda akan menuju tampilan untuk memberi ikon atau logo untuk aplikasi Android anda. Jika anda sudah selesai di tahap ini, silakan next lagi.
    6. SELECT ACITIVY, dalam tahapi ini adalah tahap untuk menentukan template dasar interface aplikasi Android anda, jika anda ingin lebih mudah mengatur tampilan aplikasi android anda nantinya, maka pilih Blank Activity.
    7. Klik Next, maka anda akan muncul tampilan pilihan activity, silakan anda bebas mengaturnya sesuai kebutuhan dan keinginan, terutama bagian Navigation Type, selain itu saya anjurkan untuk tetap pada default saja. Lalu klik Finish.
    8. Sekarang anda berhasil membuat project Android apk di Eclipse.
Eclipse-Development-Tools

Untuk tutorial berikutnya adalah tahap awal pengeditan, tunggu saja tanggal mainnya, jangan lupa share Membuat Aplikasi Android 🙂

Sebagai informasi terbaru, tools atau program untuk membuat apps android sekarang Eclipse tidak begitu menjadi favorit, sekarang kebanyakan developer lebih prefer ke program buat Android sendiri yaitu tools dengan nama Android Studio. Untuk membahas hal tersebut, segera akan kami tulis di blog kami. Mohon tetap dukung blog kami ya 😀

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke Situs Teknologi. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.

ATecMind – www.atecmind.com