Menu

Kandungan Pisang dan Manfaatnya Untuk Olahragawan

Bagi olahragawan, suplemen dan makanan bergizi untuk menunjang kebugaran dan stamina tubuh dalam berolahraga sangatlah membantu, terutama yang alami.

buah-pisang-menyehatkan-stamina

Bagi olahragawan, makanan atau buah yang paling bermanfaat dan efektif untuk membantu kebugaran dan stamina tubuh adalah pisang. Ini bukan rahasia lagi, karena sudah terbukti dari segala jenis olahragawan profesional pasti mengkonsumsi buah pisang.

Kandungan Pisang adalah (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%), lemak dan minyak, (1%) serat Selulosa. Sebagaimana juga ia mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.

Stigma masyarakat dan anggapan yang sudah terlanjur dalam tentang pisang bahwa siapa yang memakan akan dianggap monyet, secara tidak sadar membuat generasi anak kecil menganggap pisang adalah tidak baik. Mungkin dianggap biasa saja, namun sebenarnya hal ini membuat pertumbuhan anak kecil jadi tidak optimal seperti mereka yang makan pisang sejak kecil.

Maka dari itu, anjuran untuk mendidik anak memakan pisang sejak kecil sangat perlu, agar pertumbuhan untuk masa depan sangat optimal, sehingga menjadi generasi yang kompetitif.

Kembali lagi ke topik pisang terhadap olahraga, kita bahas apa manfaat yang dihasilkan jika kita mengkonsumsi pisang dengan rajin. Terutama olahragawan jari(baca:penulis) juga butuh untuk menjaga kebugaran tubuh. Kandungan pisang salah satunya adalah:

  1. Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.
  2. Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.
  3. Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan.
  4. Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang cocok untuk tubuh manusia daripada nasi. Mengkonsumsi 2 buah pisang sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivtas sehari-hari.
  5. Kandungan kalium pada pisang berperan penting untuk dapat membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.
  6. Kandungan kalium dan potasium yang dimiliki pisang dapat bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh seperti membuat peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.
Demikian beberapa fungsi pisang jika untuk menunjang olahraga, sebenarnya pisang tidak hanya untuk membantu fisik, pisang juga bermanfaat untuk kesehatan mental tubuh. Jadi, apapun anda baiknya biasakan diri memakan pisang minimal 1 kali sehari.
Semoga artikel ini bermanfaat, mohon share atau like atau comment jika berkenan. Terimakasih

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke Situs Teknologi. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.

ATecMind – www.atecmind.com