Menu

Tips Mengatasi Smartphone Android Panas

Android merupakan Sistem Operasi mobile paling populer di dunia, dengan turunan dari Linux, maka Android merupakan OS Open Source. Karena open source, maka banyak developer dengan mudah mengembangkan Android ini terutama aplikasi yang dipasang untuk Android.

Smartphone Android Overheat PanasDisisi lain, kendala smartphone akhir-akhir ini terutama Android seringkali terdapat pada masalah suhu ponsel dan ketahanan baterai. Terutama bagi anda yang terlalu sering menggunakan aplikasi social di smartphone android.

Suhu ponsel atau smartphone yang semakin naik ketika sedang bekerja, membuat android panas, membuat kenyamanan pengguna pun menjadi terganggu. Terutama keamaan hardware dari smartphone tersebut. Android panas mungkin memang hal yang lumrah karena kerja prosesor yang tinggi atau karena hal lain, namun android panas pun tidak bisa kita hiraukan begitu saja karena ada beberapa faktor-faktor yang sebenarnya malah berbahaya untuk kita.

Nah, kali ini akan saya bahas tentang bagaimana tindakan kita untuk mengatasi Android yang cepat panas.
Apa saja penyebabnya, dan apa yang harus kita lakukan untuk mengatasinya. Mari kita bahas.

  1. Poin pertama dan pasti “you dont say”. Jangan meletakkan ponsel di bawah sinar matahari langsung atau di dasbor mobil yang langsung terpapar sinar matahari. Ini bisa menyebabkan smartphone Anda overheating. Jelaskan? hehe
  2. Aplikasi Berjalan
    Cara termudah untuk menghindari smartphone dari overheating adalah dengan menutup semua aplikasi yang tidak digunakan. Kadang-kadang kita menginstall banyak aplikasi tanpa mengetahui bahwa aplikasi tersebut akan tetap berjalan di background proccess atau tidak. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di background pada satu waktu, maka akan semakin cepat smartphone memanas. Selain menghindari overheating, mematikan aplikasi yang tidak digunakan juga dapat menghemat baterai. Terutama untuk aplikasi social contohnya bbm di smartphone android.
  3. Jenis Proccessor atau Chipset Ponsel
    Beberapa ponsel memiliki jenis chipset dan proccessor yang berbeda, sehingga teknologi dan fitur yang dimiliki-pun bisa berbeda. Jadi, ketika anda memilih ponsel mana yang anda beli, anda harus sesuaikan dengan kebutuhan. Jika anda hanya fokus kepada aplikasi media sosial, baiknya cari prosesor yang lebih dingin seperti MTK Mediatek, namun jika anda seorang yang membutuhkan performa gaming, maka anda harus konsekuen karena suhu panas, prosesor terbaik untuk gaming saat ini adalah Intel dan Qualcomm.
  4. Pasang Softcase/Hardcase/Jellycase
    Pemasangan aksesori pelindung tambahan selain mengurangi resiko cacat dan kerusakan, juga membantu mengurangi resiko transfer panas. Saat kita memegang ponsel, sebenarnya kita memberi suhu panas kepada ponsel walaupun dengan skala kecil, namun dapat berefek besar ketika suhu ponsel dalam keadaan panas. Nah, agar mereduksi transfer suhu baiknya gunakan tambahan Hardcase atau Softcase atau Jellycase. Terutama jika casing ponsel terdapat material logam yang langsung tersentuh pengguna.
  5. Jangan Bermain Game Ketika Sedang Charging
    Bermain game ketika sedang charging sebenarnya tidak dianjurkan, karena akan menambah proses kerja baterai, sehingga mempermudah baterai untuk cepat panas. Beberapa kasus yang pernah terjadi malah sempat membuat baterai meledak, padahal walaupun baterai dan ponsel terdapat sistem proteksi overheat. Baiknya ketika charging, matikan juga ponsel anda, itu akan lebih cepat dan efektif untuk mengisi baterai.
  6. Pengaturan Ponsel
    Seperti yang sudah dijelaskan, banyaknya aplikasi background mempercepat penggunaan baterai dan juga memperbanyak kinerja ponsel. Nah, alangkah baiknya ada pengaturan khusus agar mengurangi resiko panas. Seperti membatasi jumlah background proses, mengurangi kecerahan, dan lainnya.
Di atas beberapa tips menurut pengalaman saya agar ponsel tidak cepat panas, jika anda memiliki tambahan tips. Alangkah baiknya bagikan tips anda, silakan tulis di kolom komentar agar dan mari kita diskusikan.
Saya saat ini menggunakan smartphone dengan chipset MTK, dan suhu sangat stabil, panas terjadi ketika saat menggunakan aplikasi social media seperti facebook, bbm, LINE, dll di smartphone androidmemainkan game sambil charging, diluar itu cukup baik.

Selalu ingat, smartphone used by smart-people. Pahamilah gadget yang anda gunakan, agar dapat mengoptimalkan ponsel anda. Pahamilah batas-batas ponsel anda, agar dapat memahami cara merawat ponsel anda.

Menjaga suhu baterai dan ponsel tidak perlu aplikasi tambahan, karena sebenarnya memerlukan kesadaran diri anda sendiri.

Demikian tulisan dari saya, semoga bermanfaat. Jika berkenan, bagikan dengan teman anda yang memerlukan materi ini, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke Situs Teknologi. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.

ATecMind – www.atecmind.com