Menu

Cara Test Keaslian Informasi Hardware Smartphone OS Android

Hardware TestBanyak produk ponsel dengan brand terkenal yang ternyata hanya replika atau super copy, seperti yang paling sering adalah Samsung. Tidak heran dengan nama Samsung dan terkenalnya konsumen dikalangan anak muda, namun seringkali produk premium memiliki harga yang tinggi, sehingga ada pihak yang menjual versi super copy atau replika.

Walaupun pihak pembuat telah menyebutnya sebagai super copy atau replika, namun bahayanya seringkali para pembeli produk tersebut berbuat nakal dengan menjualnya kembali ke masyarakat dengan dalih barang tersebut adalah asli, umumnya target yang dituju adalah konsumen yang kurang mengerti teknologi secara advance dan anak muda.

Atas dasar hal tersebut, ada baiknya kita harus hati-hati dan cermat dalam memilih barang, langkah yang bisa kita lakukan adalah melakukan engineering test atau test mode, lalu cek IMEI, dan ada beberapa lainnya. Bagaimana caranya, berikut saya jelaskan hasil dari rangkuman dan test, via kode rahasia phone dialer hingga aplikasi testing android.

Perlu diingat, beberapa vendor ataupun hardware sering memiliki perbedaan, jadi coba semua bila perlu.

Via Phone Dialer
  • Engineer mode (MTK) *#*#3646633#*#*
    Setelah anda memasuki tampilan Engineer Mode, silakan anda ke tab Hardware Testing. Nah, silakan anda lakukan testing apakah sesuai dengan spesifikasi ponsel yang dimaksud atau tidak.
  • Check IMEI *#06#
    Anda akan melihat nomer IMEI yang tertera, silakan cek secara online di http://www.imei.info/ namun tidak selamanya info di situs tersebut akurat.
  • Check Product Information *#1234# (Samsung)
    Untuk mengetahui informasi Software and Hardware, PDA, CSC, MODEM (Firmware Version). Silakan digunakan untuk mencocokan.
  • H/W Version *#2222# (Samsung)
  • S/W dan H/W Info *#12580*369# (Samsung)
  • Test Menu *#8999*8378# (Samsung)
  • Quick Test Menu *#7353#
  • ASUS Calculator .012345+=
Via Aplikasi Android
  1. Antutu Benchmark
    Aplikasi benchmark paling terkenal, selain untuk benchmark juga dapat melihat informasi lengkap hardware smartphone seperti prosesor, ram, sensor, kamera, dan lainnya.
  2. CPU-Z
    Untuk melihat spesifikasi ponsel secara lengkap, sangat efektif untuk mencocokan spesifikasi hardware smartphone.
  3. MobileUncle Tools
    Untuk chipset MTK, aplikasi ini sangat cocok untuk kepentingan developer, juga mengetahui info hardware secara lengkap.
Demikian beberapa penjelasan saya untuk mengetahui smartphone android anda adalah asli sesuai spesifikasi yang tertera. Jangan tertipu, amati, teliti!

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke Situs Teknologi. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.

ATecMind – www.atecmind.com