Menu

Langkah Menjaga Power Bank Agar Tetap Awet

Tidak berbeda dengan baterai, power bank juga terdiri dari unsur dalam batre. Maka dari itu performa dan kinerja power bank bisa seperti kinerja batrei, dengan kesamaan tersebut ada baiknya kita harus mengamati dan merawat power bank kita selama penggunaan.

Harga power bank yang variatif serta beberapa dari anda membeli power bank secara online, sehingga anda perlu perhatian khusus juga dalam merawatnya.

Power-bank

Cara merawat power bank yang saya rangkum ini pantasnya anda lakukan, agar power bank yang anda miliki tetap bekerja dengan baik dan tahan lama sesuai usia. Beragam kapasitas power bank bisa dengan mudah dijumpai di toko atau toko online dengan beragam merek, model dan harga. Pada umumnya saat ini power bank memiliki kapasitas menampung daya listrik antara 3.800 mAh sampai dengan 64.000 mAh.

Kapasitas ini akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan para pengguna power bank. Agar produk power bank yang anda gunakan selalu berfungsi optimal dan tahan lama, beberapa cara perawatan power bank berikut ini bisa anda lakukan.

  1. Matikan Gadget Saat Charging
    Kenapa? Sebab perangkat yang sedang aktif maka pastinya sedang bekerja, sehingga powerbank akan dipaksa bekerja dua kali lipat dan menghisap kapasitas lebih banyak. Jika perangkat dimatikan, maka transfer energi berjalan dengan lebih efektif, cepat dan lancar karena perangkat yang di-charge tidak sedang bekerja.
  2. Recharge Power Bank Sebelum Kosong
    Yang wajib diperhatikan adalah kapasitas power bank jangan sampai kosong/habis (0%), karena umumnya power bank bekerja seperti baterai jenis Li-Po atau Lithium Polymer yang akan mengurangi memori kapasitas jika kapasitas power sampai benar-benar habis 0%. Sebaiknya power bank seringlah diisi ulang walaupun sebentar atau baiknya sampai penuh sebelum Anda menggunakannya.
  3. Pilih Kapasitas Power Bank Yang Besar
    Umumnya, pastilah power bank harus memiliki kapasitas yang lebih besar dari smartphone itu sendiri, agar dapat dipakai untuk beberapa kali pengisian. Namun, tetap sesuaikan dengan kebutuhan perangkat yang dibawa, misalnya jika ingin mengisi 3 perangkat dalam waktu yang bersamaan, maka pilihlah powerbank yang memiliki 2-3 slot USB dengan kapasitas minimal 20.000 mAh.
  4. Hindari Power Bank Yang Terjatuh
    Jagalah powerbank agar tidak sampai terjatuh. Hal ini dapat mengakibatkan komponen di dalam power bank goyah sehingga mungkin terjadi kerusakan yang fatal dan sulit diperbaiki. Perlu diketahui juga power bank tidak semuanya dirancang dengan kelebihan ketahanan terhadap benturan atau terjatuh. Maka, selalu jaga power bank dari kejadian yang riskan seperti ini.
  5. Hindari Suhu Udara Yang Ekstrim Terhadap Power Bank
    Power bank sebaiknya tidak ditaruh di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin. Karena kondisi suhu ruangan yang tidak stabil akan menyebabkan power bank mudah rusak. Jika terpaksa maka anda harus menjaga supaya suhu udara tempat sekitar power bank sesuai.
    Suhu udara yang normal umumnya untuk penyimpanan power bank adalah antara 24 derajat celcius sampai dengan 26 derajat celcius. Hindari juga power bank dari paparan sinar matahari secara langsung. Kondisi ini akan mengakibatkan berbagai komponen internal power bank akan mudah mengalami kerusakan karena over heat. Jika ini terjadi maka anda harus segera membeli power bank yang baru.

Di atas beberapa rangkuman untuk menjaga power bank agar tetap awet dan baik dalam kondisinya dan tahan lama. Semoga artikel ini membantu, share jika berkenan, terimakasih.

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke Situs Teknologi. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.

ATecMind – www.atecmind.com