Menu

Cara Creeping Dan Last Hit Dalam DotA 2 Untuk Pemula

Permainan DotA 2 adalah permainan yang memilih lalu mengendalikan 1 karakter dengan banyak pilihan dan opsi dari sekian banyak pilihan yang ada. Bermain di dalam Arena atau map melawan sesama player dengan sistem 5 vs 5 untuk mencapai finish yaitu menghancurkan pusat atau ancient musuh lebih dulu.

Dalam menjalankannya kita juga tidak hanya menghadapi hero atau player, namun juga menghadapi creeps yang akan spawn setiap 30 detik di setiap lane yang terdiri dari tiga lane yaitu atas, tengah dan bawah. Lalu ada neutral camp, yaitu creep netral yang berdiam di dalam tengah antara setiap lane masing-masing. Lalu juga tower-tower yang siap menjaga di setiap lane yang memiliki 3 lapis untuk lane yaitu Tier 1, Tier 2 dan Tier 3. Lalu satu tower lagi yang menjaga Pusat atau Ancients yaitu tower Tier 4.

 

 

dota 2 maginaNeutral camp ada tingkatannya, dari yang ukuran kecil, sedang, ancient creeps, hingga Roshan. Dalam perburuan neutral camp, mereka memiliki spawn masing-masing, untuk neutral camp ukuran kecil, sedang dan ancients memiliki spawn yaitu dimulai dari 30 detik pertama game dimulai (0:30) akan muncul, lalu akan spawn ulang setiap menit setiap detik waktu x:00. Sedangkan waktu spawn untuk Roshan sendiri sudah spawn sejak detik nol, lalu akan spawn lagi setelah mati diantara 8 hingga 11 menit setelahnya.

Nah, di atas adalah penjelasan singkat tentang sistem kerja, spawn dan info creeps dalam dota 2. Sekarang kita menuju topik yang utama yaitu cara kita latihan atau melatih kemampuan last hit kita dalam bermain DotA 2.

Last hit atau Creeping sangatlah penting dalam permainan dota 2 karena hal ini sangat mempengaruhi jalannya pertandingan sepenuhnya dalam game, terutama bagi hero jenis Carry. Karena keuangan terbesar untuk kebutuhan hero dalam gameplay dota 2 adalah dari creeps yang ada. Jadi, sangat dibutuhkan untuk bisa memanfaatkan uang dari creeps setiap buahnya, bukanlah hal asing jika pemain dota 2 profesional yang mendunia sudah secara umum pasti memiliki kemampuan creeping dan last hit di atas rata-rata pemain umumnya.

Bagaimana cara awal untuk bisa melakukan last hit atau creeping dengan baik adalah pastinya berlatih, karena kemampuan ini membutuhkan pengalaman, pengamatan, dan kebiasaan. Berikut langkah selengkapnya untuk melatih kemampuan creeping dan last hit anda.

NOTE: Beberapa menanyakan, mengapa dalam foto terlihat hero tersebut salah memilih item?
Saya klarifikasi, dalam foto ini saya hanya bermain “yang penting rekam” versus bot, dan saya hanya fokus dalam menunjukkan teknik saja, dan lupa untuk memperhatikan item.

Selesai saya merekam beberapa teknik, saya langsung keluar dari game dan melanjutkan ketikan saya ini. Jika anda menanyakan apa item yang dibutuhkan untuk menunjang creeping dan last hit creep, maka saya sarankan untuk membeli item Quelling Blade dengan catatan disarankan cukup melee hero saja.

PERTAMA
Mengetahui secara dasar health bar creeps agar mempermudah anda mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan last hit creeping. Untuk informasinya bisa dilihat di tabel berikut.

Jenis Health Damage Armor Bounty
Melee Creeps
(Creep Jarak Dekat)
550
(+10)
19 – 23
(+1)
2 38‒48 Gold
62 Exp
Ranged Creeps
(Creep Jarak Jauh)
300
(+10)
21 – 26
(+2)
0 43‒53 Gold
41 Exp
Siege Creeps
(Gerobak)
550 35 – 46 0 66‒80 Gold
88 Exp

dota 2 maginaKEDUA
Mengetahui Damage hero yang anda pilih, dalam cara saya melatih kemampuan last hit, saya sangat mementingkan info damage hero. Karena akan diimplementasikan terhadap sisa health bar dari creeps agar dengan tepat dan akurat melakukan last hit dan mendapatkan uang.

Contohnya, kita menggunakan hero anti-mage dengan basic damage 49‒53 di awal level dan memiliki basic attack speed time 1.45. Maka, kita bisa memperkirakan akan melakukan hit terhadap creeps ketika health bar creeps menunjukkan posisi kira-kira tersisa di 50 HP, untuk bisa mengetahui kapan itu menunjukkan 50 HP atau apalah sangat diperlukan pengalaman dan kebiasaan.

Karena kita tahu akan menunggu di posisi 50 HP, tidak mungkin kita akan menyerang benar-benar saat 50 HP, kita akan berebut dengan yang lain. Maka, anda akan memanfaatkan attack speed dan attack animation. Secara teori jika anda memilih Anti Mage maka dia akan memiliki attack animation untuk mengirim damage secepat 0.3 detik.

Dengan informasi di atas, maka baiknya anda memilih untuk menyerang creeps ketika health bar creeps sekitar 90-100 HP dengan menyerangnya setelah ada 1 – 2 musuh yang menyerang creeps tersebut, harus dengan respon yang cepat.

dota 2 maginaKETIGA
Bermain respon dan timing anda sebagai player, poin ini sangat penting, kita tidak bisa asal-asalan untuk melakukan hit terus menerus kepada creeps, karena umumnya itu malah merugikan sekali, kecuali ketika melakukan full-push.

Cara melakukan respon dan timing agar menjaga kesiapan dalam last hit adalah seperti melakukan press STOP secara repetitif, memencet tombol [S] atau STOP gunanya untuk menunggu dan menjaga timing saat ketika kita akan melakukan hit agar tepat waktu. Untuk melakukan hal ini dengan mudah, anda perlu latihan yang cukup.

Opsi lain, menggunakan klik kanan secara berkali-kali, lakukan hal ini untuk berjalan di sekitar target creeps dan berputar-putar di sekitarnya, lalu menunggu saat yang tepat untuk melakukan hit terhadap creeps. Secara garis besar saya sering melakukan yang ini dengan campuran opsi pencet [S]. Karena di opsi ini kita juga bisa menjaga keadaan dan melakukan keputusan mendadak secara responsif. Efektif untuk berebut lane dan memenangkan lane terhadap musuh.

Demikian, tips cara untuk melakukan dan melatih last hit dalam dota 2 versi saya. Semoga cara diatas dapat dimengerti dan sangat membantu anda, bila ada unek-unek atau tambahan atau sanggahan baiknya bisa kita diskusikan di kolom komentar bersama pembaca yang lainnya.

Kesimpulannya, untuk melatih kemampuan last hit dan creeping kita harus sering-sering latihan, terutama kesabaran dan kecermatan dalam melihat kondisi dan info yang kita miliki dan kita hadapi. Sebagai tambahan, penggunaan item quelling blade sangat efektif untuk hero melee. HAL INI JUGA BERLAKU UNTUK MELAKUKAN DENIED CREEPS.

Semoga bermanfaat tulisan saya, terimakasih atas waktunya untuk membaca, share jika ini membantu. Terimakasih.

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke Situs Teknologi. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.