Menu

Cara Mengeringkan Smartphone Terkena Air

Ponsel dengan ukuran segenggam tangan, mudah dibawa dan praktis untuk dibawa dimana-mana. Kemudahan dan kepraktisan ukuran ponsel kadang membuat kita lupa untuk lebih berhati-hati saat membawanya atau teledor saat membawa ponsel kita.

Seperti halnya ketika kita sedang asyik minum teh atau sekedar sruput kopi di pagi hari, tiba-tiba anda secara tidak sengaja menyenggol ponsel anda atau menjatuhkan ponsel anda ke dalam minuman. Atau suatu saat anda sedang dalam kebanjiran lalu ponsel anda secara tidak sengaja terendam banjir, juga di musim hujan ini ponsel anda kehujanan dan basah kuyup. Anda sangat kaget dan anda ingin segera menyelamatkannya, tapi apa daya ponsel sudah mati total karena air.

Lalu, anda berusaha untuk segera menghidupkannya agar semoga ponsel atau smartphone yang kemasukan air tersebut bisa segera hidup kembali. Namun, langkah itu salah TOTAL, hal tersebut malah membuat hape anda makin rusak parah bahkan bisa mati total sebenarnya karena korsleting.

hape-basah-kemasukan-2BairAtaupun jika anda tidak langsung menghidupkannya, anda menunggu beberapa saat agar kering. Cara itu tetaplah SALAH. Air yang di dalam ponsel tetap ada, karena air tidak semudah itu untuk kering sepenuhnya.

Bisa juga mungkin anda menggunakan hairdryer untuk mengeringkan smartphone agar cepat. Cara tersebut sebenarnya cukup baik, namun tidak benar sepenuhnya. Karena jika kita salah dalam pengoperasiannya ketika melakukan proses pengeringan malah membuat ponsel anda rusak. Contoh kasusnya jika kita memanasi ponsel terlalu dekat, ataupun terlalu lama dengan intensitas tinggi.

Karena komponen di dalam ponsel atau hape tersebut kebanyakan terbuat dari bahan yang mudah terkonduksi. Sehingga jika ada suhu panas yang terlalu drastis malah membuat komponen di dalam hape atau ponsel anda mengalami kerusakan, meleleh ataupun memuai.

Cara yang sebenarnya agar ponsel atau hape anda selamat itu membutuhkan waktu yang cukup, karena proses pengeringan tidak instan agar bisa mendapatkan hasil pengeringan yang sempurna.
Berikut cara yang terbaik yang sudah diakui banyak pihak dan ahli.

  1. Segera ambil ponsel anda yang terendam kemasukan air
    Langkah yang pasti dan harus dilakukan adalah bukan dan lepas seluruh komponen yang dapat dilepas lalu berusaha mengeringkan smartphone dengan mengoyakkan ponsel anda dan mengelapnya. Dan jangan sekali-kali untuk langsung mencoba menghidupkannya.
  2. Hisap atau sedot air di bagian yang sulit dijangkau
    Jika bisa, menggunakan alat penyedot semacam vacum cleaner kekuatan ringan, alat desoldering, atau jika anda cukup hati-hati bisa menggunakan mulut anda. Tapi ingat jangan sekali-kali menelan air tersebut, karena mengandung zat berbahaya.
  3. Taruh didalam toples yang rapat
    Taruh semua komponen ponsel, jika bisa, toples yang digunakan berwarna bening, ataupun jika tidak ada toples anda bisa menggunakan wadah plastik Ziplock.
  4. Beri beras di dalam wadah tersebut
    Tuangkan beras dengan ukuran cukup untuk menutupi komponen ponsel yang ada di dalam wadah. Setelah itu, tutup rapat wadah tersebut.

  5. Letakkan dan simpan di area kering dan terkena cahaya matahari
    Sebaiknya anda letakkan di area yang cukup kering dan terkena sinar matahari namun jangan terkena sinar matahari secara langsung yang memiliki suhu area yang cukup panas. Simpan wadah berisi ponsel yang dikeringkan tersebut selama 5 hari hingga 7 hari.
  6. Setelah itu coba hidupkan kembali
    Setelah beberapa hari disimpan dan anda merasa ponsel sudah cukup kering coba ambil ponsel dan komponennya lalu bersihkan dahulu dengan lap atau handuk atau apapun yang dapat membersihkan. Setelah itu baru pasang semua komponen lalu hidupkan.
    Jika tidak dapat hidup, maka kemungkinan komponen sudah lebih dulu mengalami kerusakan saat pertama kali terendam, maka solusinya bawa ke service center atau counter pinggir jalan kepercayaan anda.

Komponen yang dimaksud adalah seperti, baterai, sim card, sd card atau memory card, casing ponsel depan dan belakang, dan komponen lain yang dapat dilepas dengan baik.

Demikian adalah tips dan cara ampuh dalam mengatasi ponsel atau hape yang terendam terkena air. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jika anda memiliki tambahan untuk tips ini, mari kita diskusikan di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat, saya sangat berterima kasih kepada anda yang menge-share artikel ini ke teman-teman anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke Situs Teknologi. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.

ATecMind – www.atecmind.com