Menu

Cara Memperbaiki Partisi NTFS Tidak Bisa Mounted Di Linux

Linux-ProblemTulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri yang ketika ingin membuat partisi hard disk berformat partisi NTFS tidak bisa saya buka dengan pesan error seperti ini:

Error mounting /dev/sdb5 at /media/dhamanutd/BackUP, Mentahan, Project: Command-line `mount -t "ntfs" -o "uhelper=udisks2,nodev,nosuid,uid=1000,gid=1000,dmask=0077,fmask=0177" "/dev/sdb5" "/media/dhamanutd/BackUP, Mentahan, Project"' exited with non-zero exit status 14: The disk contains an unclean file system (0, 0).
Metadata kept in Windows cache, refused to mount.
Failed to mount '/dev/sdb5': Operation not permitted
The NTFS partition is in an unsafe state. Please resume and shutdown
Windows fully (no hibernation or fast restarting), or mount the volume
read-only with the 'ro' mount option.

Disana tertulis memiliki error dengan code status error adalah 14, juga di pesan itu disebutkan agar kita melakukan shutdown Windows dengan baik tanpa hibernation ataupun fast reboot.

Awalnya saya mengira masalah ini terjadi karena saat saya sedang menggunakan komputer, tiba-tiba PLN membunuh aliran listrik di daerah saya. Mungkin karena hal tersebut terjadi semacam proses hard disk yang belum selesai. Lalu, saya coba untuk repair dengan baik segala proses kerja yang terpotong. Belum menyelesaikan.

Yang pertama saya coba adalah untuk mengatur di OS Windows saya, seperti mengatur setting power options di control panel bagian opsi mematikan fast startup after restart, ternyata tidak memberikan efek untuk problem ini, masalah belum selesai.

Lalu akhirnya saya temukan solusi setelah berjalan sana kemari di dunia internet, saya temukan solusi ini di forum ubuntu. Seperti ini solusinya.

  1. Pastikan Linux anda sudah terdapat ntfsprogs atau ntfs-3g.
  2. Jika belum bisa install tersebut dengan command:
    sudo apt-get install ntfsprogs
    sudo apt-get install ntfs-3g
    Silahkan keduanya dicoba, jika tidak ada lanjutan konfirmasi untuk install, kemungkinan sudah terinstall.
  3. Setelah itu, lanjutkan untuk mengetik command line berikut:
    sudo ntfsfix (lokasi partisi)

Lokasi partisi yang saya maksud adalah alamat absolute path partisi disk tersebut di dalam Linux.
Sebagai contoh jika di Windows, partisi saya tertulis D:\ dengan nama yang saya berikan adalah Media. Namun jika di Linux alamat tersebut tidaklah sama dengan Windows, dalam ilustrasi ini, partisi D: milik saya adalah /dev/sda5, sekarang kita tahu bahwa partisi yang dalam ilustrasi ini adalah D: atau /dev/sda5.
Jadi akan tertulis seperti ini:
sudo ntfsfix /dev/sda5

Untuk melihat partisi di harddisk anda melalui Linux bisa lakukan command berikut:
sudo fdisk -l
sfdisk -l -uM

Semoga info ini dapat membantu anda yang mengalami masalah partisi NTFS tidak bisa dibuka di Linux.

Jika memiliki masalah atau keluhan seputar komputer dan ponsel, bisa anda tanyakan ke sini. Dengan senang hati akan dibantu.

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke Situs Teknologi. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.

ATecMind – www.atecmind.com