Menu

Cara Install ADB Tools Dan Fastboot Drivers Di Komputer

Jika anda melihat postingan ini setelah membaca postingan saya yang lain yaitu tentang Daftar Command Line Android Debug Bridge, maka anda pasti sudah paham apa itu ADB dan apa gunanya. Jika belum akan saya jelaskan lagi tentang cara install adb tools dan fastboot drivers di komputer.

ADB adalah singkatan dari Android Debug Bridge, adalah sebuah tools yang dibuat oleh pihak Android untuk membantu user atau developer dalam membuat koneksi antara ponsel atau emulator ke komputer. Dalam membuat koneksi tersebut, maka komputer memerlukan bahan antara lain yaitu, Android ADB Tools itu sendiri dan Fastboot Drivers.

Kedua bahan tersebut sangat penting karena merupakan syarat agar proses penghubungan dapat berjalan dengan baik, juga perlu diingat beberapa vendor ponsel memerlukan driver tambahan agar ponsel dapat dideteksi oleh komputer dengan baik, jadi bisa anda sesuaikan dengan merek ponsel anda apakah perlu driver lain, sebagai contoh ASUS dengan chipset Intel memerlukan Intel Drivers.

Langsung saja kita ke topik utama, cara install adb tools dan fastboot drivers di komputer.

Pertama

Anda harus mendownload Android SDK Tools di link ini.

http://dl.google.com/android/installer_r24.4.1-windows.exe

Lalu, jika komputer anda belum terinstall Java SE, maka anda harus download di situs resmi Java.

http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

Kedua

Install file hasil download tersebut, dengan urutan install Java SE terlebih dahulu baru install.

Setelah itu install Android SDK Tools Bundle yang telah didownload.

Lakukan proses install dan sesuaikan dengan gaya anda sendiri, di sini saya anggap anda sudah paham cara install ini karena sangat sederhana.

Ketiga

Setelah install Android SDK Tools selesai, sekarang saatnya buka program tersebut, menuju folder dimana anda menginstallnya, silakan buka lalu dobel klik SDK Manager.

Lalu biarkan proses loading sehingga akan muncul tampilan seperti berikut.

Android SDK Tools

Terdapat banyak pilihan untuk anda download dan install, namun kali ini cukup anda pilih yaitu:

  • Android SDK Platform-tools
  • Google USB Driver

Silakan anda checklist atau centang 2 pilihan tersebut, dan uncheck selain yang disebutkan. Google USB Driver terletak di bawah sendiri dari daftar list tersebut yang termasuk dalam folder Extras.

Lalu klik install di tombol yang ada di sisi kanan bawah. Lalu silakan anda accept license untuk semuanya dan lanjutkan klik install lagi.

Tunggu proses download dan install, hingga nanti akan muncul status Done Loading Packages. Maka proses install sudah selesai.


Sekarang sudah terpasang ADB Driver dan juga fastboot driver sudah terinstall di dalam Android SDK Manager.

Fungsi Fastboot adalah tool sederhana untuk melakukan modifikasi smartphone android anda dengan cara flashing custom image, custom kernel, custom recovery, custom rom, dan beberapa banyak fungsi lainnya seperti install apk lewat fastboot.

Untuk melakukan modifikasi atau flashing smartphone melalui fastboot, maka ponsel anda haruslah terlebih dahulu booting ke fastboot mode, pada umumnya cara booting ke fastboot mode adalah menekan tombol volume + atau volume – bersamaan dengan saat menekan tombol power untuk menghidupkan, tekan dan tahan sampai menuju fastboot mode atau droid boot (beberapa ponsel memiliki cara yang berbeda).


Untuk membuat Fastboot tools maka anda perlu membuat folder baru dengan nama bebas sesuai keinginan anda, namun di sini saya akan mencontohkan dengan nama fastboot bridge.

Langkah berikutnya:

  1. Buka folder dimana anda menginstall Android SDK Manager.
  2. Di dalamnya ada folder lagi bernama platform-tools. Silakan anda buka.
    platform-tools adb fastboot
  3. Copy file adb, AdbWinApi.dll, AdbWinUsbApi.dll, fastboot.
  4. Paste ke folder fastboot bridge atau yang tadi sudah anda buat baru.

Selesai sudah cara install ADB Tools dan fastboot drivers di komputer anda. Setelah tutorial ini silakan anda lanjutkan membaca cara menggunakan ADB Tools.

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke ATECMIND.COM. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.
ATecMind – www.atecmind.com