Menu

Daftar Command Line Dan Cara Menggunakan ADB Tools Android

Android ADB Command LineADB atau Android Debug Bridge adalah tools resmi yang dikeluarkan oleh Google untuk pengoperasian sistem Android dari komputer melalui command line yang telah disediakan oleh Google. Jika anda pernah melakukan flashing atau rooting atau unlocking bootloader pasti anda mengenal istilah ADB tersebut.

ADB berguna untuk membantu developer dalam menyambungkan atau mengkomunikasikan Android dengan komputer. Dengan tampilan command line sederhana yang cukup ringkas dalam membantu developer dalam mengolah dan mengedit sistem Android dari komputer.

ABD tools juga sangat penting jika suatu saat Android tidak dapat dibuka atau Android tidak dapat diakses karena softbrick, bootloop, hardbrick, atau permasalahan sistem lainnya. Karena Android tidak dapat digunakan langsung dari ponsel maka fungsi dari ADB ini sangat menolong untuk membantu anda melakukan perbaikan dan recovery agar smartphone android anda kembali normal.

Di artikel lain akan saya jelaskan bagaimana cara menginstall Android ADB Tools ke dalam komputer serta hal-hal yang harus disiapkan untuk menjalankan ADB dengan baik ketika berkomunikasi dengan Android.

Lalu, setelah itu akan saya jelaskan soal beberapa daftar command line yang ada dalam ADB yang saya ketahui berdasarkan referensi yang ada dari Android. Dan di postingan yang ini akan saya jelaskan daftar command line dari ADB untuk android yang bisa anda gunakan untuk root via adb, install via adb, unlock via adb, relock via adb, unroot via adb, dan macam fungsi lainnya seperti debug dan logging.

Berikut cara menggunakan ADB tools yang akan saya jelaskan secara singkat dan mudah untuk cara penggunaan ADB tools.

  1. Buka folder ADB anda yang sudah anda ekstrak.
  2. Di dalam area folder ADB tersebut, silakan arahkan mouse ke area kosong di dalam folder tersebut.
  3. Tahan SHIFT dan Klik Kanan lalu akan muncul context menu.
  4. Cari dan pilih Open command window here.
  5. Setelah itu akan muncul CMD window baru, bila muncul berarti anda sudah masuk ke ADB command line.

Untuk daftar perintah ADB yang tersedia bisa anda lihat di bawah ini. Cara menggunakan ADB begitu mudah cukup anda rajin baca kembali daftar di sini suatu saat jika anda membutuhkannya.

Perintah Dasar ADB

Kode Perintah Deskripsi Fungsi Perintah
adb devices Menunjukkan daftar perangkat yang terpasang ke komputer.
adb reboot Reboot atau restart perangkat yang terhubung ke komputer.
adb reboot recovery Reboot atau restart perangkat ke mode recovery.
adb reboot download Reboot atau restart perangkat yang terhubung ke mode download.
adb reboot bootloader Reboot atau restart perangkat ke Bootloader menu.
adb reboot fastboot Reboot atau restart perangkat yang terhubung ke mode fastboot.

Install, Uninstall, Update Apps Android dari ADB

Kode Perintah Deskripsi Fungsi Perintah
adb install ApplicationpathPackagename.apk ADB install membuat anda bisa menginstall apk langsung ke ponsel melalui adb. Untuk alamat install package yaitu langsung di letak file tersebut berada, contoh: C:/Users/atecmind/Desktop/bbm.apk maka seperti itu cara penulisan dalam command. Jika benar akan muncul tulisan “Success”.
adb install -r AplicationpathPackagename.apk Jika anda sudah menginstall aplikasi, dan anda ingin update aplikasi tersebut melalui ADB maka bisa menggunakan command line ini. Dengan lokasi alamat apk yang terbaru yang sudah didownload seperti contoh yang sama: C:/Users/atecmind/Desktop/bbm.apk
adb uninstall com.android.chrome Uninstall aplikasi dari perangkat android anda. Cara termudah untuk menemukan nama package dari aplikasi yang dituju adalah dengan menginstall Package Name Viewer dari playstore dan cari nama package dengan aplikasi tersebut. Contoh di samping adalah aplikasi Chrome browser. Jika sukses akan muncul tulisan “Success”.
adb uninstall -K com.android.chrome Uninstall aplikasi namun tidak ikut menghapus data dan cache aplikasi tersebut. Jika sukses akan muncul tulisan “Success”.

Push dan Pull File melalui ADB

adb rootadb push >e.gadb push c:\users\UsamaM\desktop\Song.mp3 \system\mediaadb push filepathonPC/filename.extension path.on.phone.toplace.the.file Perintah android ADB Push membuat anda bisa mentransfer file apapun dari komputer ke smartphone anda. Cukup ketik alamat file di komputer anda secara lengkap dan alamat push tujuan di ponsel secara lengkap.
adb rootadb pull>e.gadb  pull \system\media\Song.mp C:\users\UsamaM\desktopadb pull [Path of file on phone]  [Path on PC where to place the file] Sama dengan ADB Push, namun bedanya ini memiliki fungsi yang berbalik, jika push dari komputer ke smartphone, maka PULL adalah dari smartphone ke komputer.

Melakukan Backup sistem dan apps melalui ADB

adb pull /system/app backup/systemapps Backup semua aplikasi dalam sistem di smartphone anda ke folder SystemApps yang dibuat otomatis oleh ADB di dalam ADB folder tersebut.
 adb pull /system/app backup/installedapps Backup semua aplikasi non sistem yang terinstall di smartphone anda ke folder InstalledApps yang dibuat otomatis oleh ADB di dalam ADB folder tersebut.

Background Terminal ADB

adb shell Memulai background terminal di ABD.
exit Keluar dari background terminal.
adb shell <command you want> (example: adb shell su) Untuk menjalankan perintah shell Unix apapun.

Daftar Perintah Fastboot ADB

Fastboot Flash File.zip  Flash file format *.zip ke smartphone android anda, ketika ponsel dalam status terhubung ke PC dalam mode Fastboot.
Fastboot Flash recovery recoveryname.img Flash file recovery boot dalam format *.img ke smartphone android anda, ketika ponsel dalam status terhubung ke PC dalam mode Fastboot.
Fastboot flash boot bootname.img Flash file boot atau kernel image, ketika ponsel dalam status terhubung ke PC dalam mode Fastboot.
Fastboot getvar cid Menampilkan CID dari smartphone yang ditunjuk.
Fastboot oem writeCID xxxxx Menuliskan super CID.
fastboot erase systemfastboot erase data

fastboot erase cache

Jika dalam kasus anda ingin melakukan restore sebuah backup android, anda akan diharuskan menghapus isi system/data/cache terlebih dahulu (wipe cache). Sebelum melakukan tersebut, sangat disarankan untuk melakukan backup system menggunakan custom recovery lalu backup file *.img ke folder fastboot atau platform-tools di dalam folder Android SDK ataupun ADB. Lalu lakukanlah perintah hapus tersebut yang akan menghapus cache dan data.
fastboot flash system system.imgfastboot flash data data.img

fastboot flash cache cache.img

Perintah yang akan mengembalikan atau restore backup yang telah anda buat ketika menggunakan custom recovery di ponsel anda yang umumnya terletak di folder fastboot di dalam folder Android SDK ataupun ADB.
fastboot oem get_identifier_tokenfastboot oem flash Unlock_code.bin

fastboot oem lock

Perintah ini membantu anda mendapatakan identifier token dari ponsel anda yang bisa digunakan untuk melakukan unlock bootloader. Jadi perintah ini adalah langkah unlock bootloader secara manual.
Lalu di perintah kedua yaitu untuk membantu anda flash kode unlock bootloader, dan perintah yang ketiga membantu anda melakukan relock bootloader jika ponsel anda memang bisa untuk dilakukan relock bootloader.

Perintah ADB untuk membuat Logcat

adb logcat Menampilkan log catatan ponsel secara real time, catatan log tersebut mewakili segala proses yang sedang berjalan di ponsel. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan perintah ini ketika ponsel anda baru atau sedang booting up, untuk mengetahui secara pasti apa yang sedang berlangsung.
adb logcat > logcat.txt Membuat file *.txt yang berisi seluruh catatang log, yang akan tersimpan ke folder platform-tools atau folder fastboot di dalam folder Android SDK ataupun ADB.

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke ATECMIND.COM. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.
ATecMind – www.atecmind.com