Menu

Mematikan Update Otomatis Windows 10

OS Terbaru dari Microsoft yaitu Windows 10 yang seperti kita sudah tahu bahwa fungsi atau fitur update di Windows 10 secara default tidak dapat dimatikan alias tidak menyediakan tombol turn off untuk mematikan update otomatis Windows 10.

Akibatnya akan berdampak bagi kita pengguna yang menggunakan koneksi internet dengan kuota terbatas alias tidak unlimited kuotanya pastilah sangat menyiksa kantong kita atas kebijakan Windows 10 ini.

Namun jangan khawatir komunitas Windows lover di seluruh bergerak dengan cepat untuk mengatasi masalah ini, solusi ini pastinya akan menghemat kuota anda. Namun perlu diingat meskipun nantinya bisa menghentikan auto-update Windows 10, saya sarankan agar jangan lupa untuk update Windows dikala anda memiliki koneksi tanpa kuota, karena keuntungan dari update Windows 10 itu untuk memperbaiki celah keamanan dan berbagai macam bugs, serta menambah fitur-fitur yang berguna bagi pengguna.

Dalam langkah cara mematikan update otomatis Windows 10 ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan dari yang paling aman hingga yang paling kasar, dari yang paling mudah hingga yang paling rumit, semua pilihan tergantung pada kebutuhan dan perangkat yang ingin anda oprek. Yang pasti kami akan jelaskan dari masing-masing cara apakah berbahaya atau aman. Mari kita simak beberapa cara yang akan disajikan.

Defer Upgrade – Cara Aman Sederhana Mematikan Update Otomatis Windows 10

Cara pertama berikut adalah cara yang disediakan oleh Microsoft yang berarti tidak sepenuhnya berfungsi untuk mematikan update otomatis Windows 10. Defer Upgrade merupakan pilihan yang dapat anda temukan jika Windows 10 anda minimal adalah versi Windows 10 Pro.

Defer Upgrade di sini berarti Windows 10 anda tidak akan melakukan download dan install update yang tersedia hingga waktu maksimal sekitar 8 bulan untuk tidak pernah melakukan download dan install update sama sekali, jika lebih dari 8 bulan maka Windows akan tetap memaksakan download dan install update.

Perlu diketahui Defer Upgrade ini hanya menunda download dan install update fitur, namun untuk update security dan patch akan tetap berjalan secara otomatis, sehingga meskipun anda mengaktifkan Defer Upgrade Windows 10 ini kuota anda tetap tersedot untuk download security patch.

Jadi, untuk cara ini anda bisa suatu waktu tinggal matikan Defer Upgrade ketika ada koneksi dengan kuota tak terbatas agar Windows anda update.

Cara mengaktifkan Defer Upgrade sangat sederhana tinggal Buka Settings > Update & Security > Advanced Options > Defer Upgrade.

Metered Connection – Cara Aman Sederhana Mematikan Update Otomatis Windows 10

Cara kedua berikut berlaku untuk pengguna internet dengan koneksi nirkabel semacam jaringan wifi dan mobile broadband saja.

Dengan mengaktifkan setting metered connection ini maka Windows tidak akan download update secara otomatis, kecuali setelah menggunakan koneksi melalui LAN.

Untuk melakukannya cukup buka Settings > Network & Internet, lalu pilih side menu WiFi atau Mobile Broadband, setelah anda klik akan muncul daftar list koneksi WiFi, di bawah sendiri anda klik Advanced Options, lalu bisa anda cari Metered Connection dan silakan anda klik untuk Turn On.

Mematikan Windows Update Service – Resiko Ringan Mematikan Update Otomatis Windows 10

Pada tahapan cara ini, anda akan sedikit mengubah lebih dalam fungsi-fungsi dan fitur Windows agar dapat mematikan update otomatis Windows 10.

Perlu diingat, cara ini akan membuat fungsi Windows Update benar-benar mati total, jadi semua hal-hal berupa update seperti perbaikan BUG ataupun security patch tidak akan terdownload apalagi terinstall. Juga membuat anda tidak bisa mengakses Windows Store dan Modern Apps(aplikasi khusus Windows 8 keatas).

Jadi jika ingin menggunakan cara ini perlu diingat jangan lupa untuk mengaktifkan Windows Update ketika anda sedang dalam koneksi internet unlimited dan agar segera lakukan update Windows 10 anda.

Langkah untuk mematikan Update Otomatis Windows 10 ini dengan cara mematikan Services Windows Update adalah sebagai berikut.

  1. Buka Windows lalu search ketik Services.
  2. SIlakan anda enter atau klik Services tersebut sehingga muncul window berikut.
  3. Lalu anda scroll down list tersebut dan cari Windows Update, lalu silakan anda klik kanan dan pilih Properties.
  4. Setelah muncul pop-up window Properties untuk service Windows Update maka tinggal anda pilih di dropdown Startup Type, silakan anda ganti ke Disabled.
  5. Apply dan OK.

Atau untuk cara yang lebih asik anda bisa melakukannya melalui command PowerShell untuk mematikan update otomatis Windows 10 dengan cara disable Windows Update Service. Berikut caranya.

Silakan buka PowerShell dengan cara cukup ketik PowerShell di windows search, lalu silakan ketik berikut ini setelah PowerShell terbuka.

stop-service wuauserv
set-service wuauserv –startup disabled

Lalu untuk menghidupkannya kembali bisa dengan command berikut ini atau bisa anda lakukan manual seperti cara di Services yang sudah dijelaskan.

set-service wuauserv –startup manual
start-service wuauserv

Group Policy Notifier – Cara Aman Rumit Mematikan Update Otomatis Windows 10

Untuk mematikan update otomatis Windows 10 dengan cara ini memiliki syarat Windows anda minimal harus Windows 10 Pro dan juga bisa mengakses ke Group Policy. Bagaimana caranya, silakan ikuti langkah berikut.

  1. Buka Run atau tekan Windows+R lalu ketik gpedit.msc
  2. Muncul tampilan Group Policy, silakan di sibebar tree anda tujukan ke Computer Configuration -> Administrative Templates -> Windows Components -> Windows Update.
  3. Lalu di list kanan silakan anda cari Configure Automatic Updates, lalu silakan anda klik kanan dan pilih Edit.
  4. Setelah klik edit akan muncul tampilan konfigurasi, maka silakan anda ganti dari Not Configured ke Enabled. Lalu di Configure automatic updating silakan ganti ke 2 – Notify for download and notify for install. Silakan anda lihat gambar di bawah ini.
  5. Apply lalu OK.

Adanya setting tersebut akan membuat Windows anda tidak langsung melakukan download update melainkan akan memberi notifikasi atau pemberitahuan kepada user terlebih dahulu.

Sekali lagi informasi ini diberikan untuk anda yang mengalami masalah penyedotan kuota karena auto update Windows 10 yang tidak bisa dihentikan ini. Maka artikel Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 ini perlu digarisbawahi bahwa tidak perlu anda lakukan jika anda memiliki koneksi internet yang tak terbatas kuota. Semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke teman-temanmu yang membutuhkan.

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ingin mengcopy paste artikel ini diharapkan untuk selalu memberi sumber referensi ke ATECMIND.COM. Karena berbagi yang baik adalah yang selalu menghargai pemilik aslinya. Terimakasih.
ATecMind – www.atecmind.com